Thursday, June 4, 2009

hari ditiupkannya ruh

Jadi kalo dalam Islam, umur 120 hari itu ruh ditiupkan Allah ke janin.
Pada hari itu jugalah Allah menentukan umurnya, rezekinya, jodohnya, matinya calon manusia baru ini.
Maka dari itu banyak orang yang bikin selametan saat umur kehamilan 4 bulan..
Aku browsing2, ini ada haditsnya.. (dikutip dari www.eramuslim.com)
Dari Abdullah bin Mas'ud ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya setiap kamu dibentuk di perut ibunya selama 40 hari, kemudian berbentuk 'alaqah seperti itu juga, kemudian menjadi mudhghah seperti itu juga. Kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh dan menetapkan 4 masalah.... "(HR. Bukhari, Ibnu Majah, At-Tirmizy)
Para ulama kemudian menghitung ketiga masa itu menjadi 40 hari tambah 40 hari tambah 40 hari, sehingga masa peniupan ruh itu menjadi 120 hari sejak pertama kali janin terbentuk.
Ada juga yang bilang pas 42 hari, ini haditsnya..
Dari Hudzaifah bin Usaid raberkata, "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Apabila nutfah telah berusia empat puluh dua malam, maka Allah mengutus malaikat, lalu dibuatkan bentuknya, diciptakan pendengarannya, penglihatannya, kulitnya, dagingnya, dan tulangnya. Kemudian malaikat bertanya, ra Rabbi, laki-laki ataukah perempuan?` Lalu Rabb-mu menentukan sesuai dengan kehendak-Nya, dan malaikat menulisnya, kemudian dia (malaikat) bertanya, Ya Rabbi, bagaimana ajalnya?` Lalu Rabb-mu menetapkan sesuai dengan yang dikehendaki-Nya, dan malaikat menulisnya. Kemudian ia bertanya, `Ya Rabbi, bagaimana rezekinya?` Lalu Rabb-mu menentukan sesuai dengan yang dikehendaki-Nya, dan malaikat menulisnya. Kemudian malaikat itu keluar dengan membawa lembaran catatannya, maka ia tidak menambah dan tidak mengurangi apa yang diperintahkan itu. (HR.Muslim)
Hadits ini menjelaskan diutusnya malaikat dan dibuatnya bentuk bagi nutfah setelah berusia enam minggu (empat puluh dua hari), bukan setelah berusia 120 hari sebagaimana disebutkan dalam hadits di atas. Sehingga sebagian ulama berpendapat bahwa peniupan ruh itu dilakukan pada usia janin 42 hari berdasarkan hadits ini.

Namun sebagian ulama lainnya mengkompromikan kedua hadits tersebut dengan mengatakan bahwa malaikat itu diutus beberapa kali, pertama pada waktu nutfah berusia empat puluh hari, dan kali lain pada waktu berusia empat puluh kali tiga hari (120 hari) untuk meniupkan ruh.
Keluargaku di malang dan sidoarjo juga bikin selametan untuk umur kehamilan 120 hari ini.
Kegiatannya berdoa dan baca yasin.
Awalnya aku ditanya mbah, kapankah estimasi 120 harinya? Aku sih ngitungnya berdasar usia prediksi di USG terakhir. Itu kan masih plus minus 1 minggu yaa.
Sebetulnya si adek ini kalo berdasar hari pertama mens terakhir dia 12 minggu pas USG kedua, tapi pas itu panjangnya setara hamil 13 minggu.
Jadi waktu aku itung2 tuh 120 harinya lebih kurang pertengahan mei.
Keluarga di sidoarjo baca doa dan quran gitu, kalo aku dan ganteng sodaqoh saja. Mudah2an semua dimudahkan Allah prosesnya, amin...
Ya... esensi sebetulnya adalah berdoa, mudah2an calon manusia ini, saat ditentukan segalanya sama Allah diberikan umur, rejeki yang banyak. Dan berdoa juga supaya kehamilan dan kelahirannya lancar dan sehat kali yaa.
Kalo doaku sih, mudah2an waktu ditiupkan ruh dan ditentukan segalanya untuk si adek, dia diberi kesehatan, umur yang panjang, rejeki yang banyak, jodoh yang soleh/solehah.
Mmmm..
ada satu lagi...
Ada satu saat perjanjian antara ruh ini sama Allah, bahwa dia mengakui Allah tuhannya.
Itu kapan ya?
Apakah pas ditiupkan ruh ini, atau waktu mau lahir?
Aku harus baca2 lagi nih..
Ada yang ingat??

No comments: