Thursday, September 22, 2011

Diet itu susah, komandan!

Mau cerita sedikit ya tentang balada dietku :D

Sebelumnya aku kasihtau dulu berat badanku pada setiap periode waktu berikut:
SMA: 48-50 kg
Kuliah: 50-55 kg
Pasca menikah: 58-60 kg

Nah lhooo, grafiknya naik terus ya! Hahaha, ga tau deh kenapa.
Kata orang kalo gemuk berarti bahagia. Ah tapi masak iya, kalo mau bahagia harus gemuk? :D

Sebelum hamil itu BB-ku di kisaran 58-60 kg. Lumayan "berisi"-- kalo ga mau dibilang gendut, ahhahaha ( TB 163 cm).
Pas hamil 9 bulan BB melonjak sampai 75 kg.
Setelah 1 minggu melahirkan, mentok di 68 kg.
(Hedeew nyisa 8 kg ini dimana disimpennya yak? :( )

Neysa umur 3 bulan.. jadi sekitar 65 kg.
Ini baju-baju jaman dulu masih sesek bangettt dan belum ada keinginan untuk serius berdiet hingga sekitar... 2 bulan lalu!
Hahaha, iya saudara-saudara!
Jadi aku ini mulai diet beneran stelah Neysa umur 20 bulanan ( dipikir-pikir ngapain ajaaa selama ini, nyusuin juga nggak, dasar males aja :p)
2 bulan lalu keinginan berdiet ini muncul begitu kuat, mengalahkan akal sehat (apaan sih).
Lalu, seperti biasa aku googling ke sana kemari dan memutuskan akan melakukan Diet mayo.

1. Pengalaman Diet Mayo
Diet ini dinamakan diet Mayo, karena dibilang dibikin oleh Mayo clinic dari Amrik yang beken itu, tapi ternyata berita ini hoax! Mayo clinic ga pernah bikin diet apapun! hahaha
Jadi diet ini akan berlangsung selama 13 hari, dengan "janji" akan turun 7-8 kg bagi yang melaksanakannya :D
Ini nih resume dietnya (yang kalo dilanggar harus mengulang dari hari pertama lagi):

Hari I & VIII
Pagi 1 cangkir kopi tubruk/tea + 1 sdk gula pasir

Siang 2 telur rebus matang + 1 ikat bayam + tomat

Malam 1,5 ons bistik goreng/rebus + selada yg dit
aburi jeruk citrun

Hari II & IX

Pagi 1 cangkir kopi tubruk/tea + 1 sdk gula pasir
Siang 1,5 ons bistik goreng/rebus + selada + 1 buah se
gar (pear)
Malam 2,5 ons ayam kukus + 1 botol kecil yogurt tanpa gula

Hari III & X

Pagi 1 cangkir kopi tubruk/tea + 1 sdk gula pasir
Siang 2 telur rebus matang + 1 ikat bayam + tom
at + pear
Malam 2,5 ons ayam kukus + selada yang ditaburi jeruk citrun

Hari IV & XI

Pagi kopi tubruk/tea + 1 sdk gula pasir + 1 iris roti bakar
Siang 1 telur rebus + wortel rebus sebentar + keju wruyare 20 gr
Malam 1 mangkok penuh pepaya + citrun +
1 botol kecil yogurt 150cc

Hari V & XII

Pagi 1 wortel besar mentah diparut kasar ditaburi jeruk citrun
Siang 2,5 ons ayam kukus dengan sedikit saus ment
ega yg tidak asin
Malam 2,5 ons bistik goreng/rebus + selada + bayam

Hari VI & XIII

Pagi kopi tubruk/tea + 1 sdk gula pasir + 1 iris roti bakar

Siang 2,5 ons ayam kukus + selada ditaburi jeruk citrun
Malam 2 telur rebus + wortel besar parut mentah ditaburi citrun

Hari VII

Pagi 1 cangkir kopi tubruk/tea tanpa gula

Siang 1,5 ons bistik goreng + 1 buah segar (pear)
Malam Puasa

Kurang sadis apa coba? hahahaha..
Aku kuat iman menjalankan diet ini sampai hari ketiga, kemudian datanglah godaan teman-teman yang ngajak makan disinilah, disitulah sehingga Mayo tinggal Mayo, ngulang lagi dari hari pertama, sampe 2x kayak gini, trus nyerah deh :p

2. Paket dietnya Amway
Namanya Nutrilite, beli susunya aja, sekitar 400 ribuan. End up utuh, ga diminum sama sekali hahahaha. Janjinya sih kalo diminum beneran sebagai pengganti makan pagi dan malam akan turun sekitar 1,5 kg per bulan.
Susu ini akhirnya dibawa sama kakak sepupu :D

3. WRP
Nah, awalnya aku beli WRP 6 day pack.
Tau kan, yang satu kotak isinya susu buat pengganti makan pagi dan malam plus cookies untuk cemilan pagi dan malam selama seminggu. Total kalorinya kalo ga salah sekitar 1000 kkal/hari (kalo dimakan/minum semua).
WRP 6 day pack ini dibeli...tapi trus didiemin juga, hahaha.

Pada suatu hari aku ke TipTop ketemu WRP diet to go, jadi ini semacam susu dalam kemasan kotak siap minum (kayak Buavita dll gitu).
Satu paket isi 2 kotak susu, sekitar 11 ribuan harganya.
Waktu itu aku beli satu kotak, eh terus nagih. Rasanya enak ga kayak susu diet biasa dan nggak tau kenapa kok ga laper ya..
Jadi aku sengaja mulai diet pas awal masa mens. Pas awal mens secara alamiah aku akan ga nafsu makan, jadi kalo cuma minum susu pagi malam+makan siang non nasi mestinya ga masalah.
Eh ternyata beneran, ga laper sama sekali lho!
Akhirnya nyetok banyak deh di kulkas kayak gini nih


Mulai minum WRP diet to go itu 2 minggu sebelum puasa, ga makan nasi sama sekali tuh, jadi kalo siang makan sayur saja (sapi kalah deh :p) dan protein hewani segala macem.
Dilanjutin selama bulan puasa: sahur pake diet to go, buka makan biasa (tetep ga pake nasi).
Entah kenapa, semakin lama ga makan nasi itu rasanya jadi semakin mudah kenyang.
Makan sedikit aja udah ga pingin lagi, jadi otomatis nyemil-nyemil segala macem itu juga berhenti.

Setelah kira-kira 5 minggu pake WRP diet to go, aku timbang lagi
Eng ing eeeng....


Turun jadi 58 kg sodara-sodara!! Jadi selama 5 minggu itu turun sekitar 6-7 kg
Lumayan heboh juga ya! Celana jins jaman awal kuliah langsung pada muat tuh. Baju-baju edisi baru juga langsung kedodoran semua.
Senaaaangnyoooooo :))

Sampai sekarang aku masih pingin terus membiasakan ga pake nasi makannya, atau boleh nasi tapi sangat jarang.
Soalnya maunya sih diet ini bukan untuk ngecilin badan saat ini saja (kalo ini jelas iya) tapi juga untuk kesehatan jangka panjang.
Tapi kalau ada kegiatan-kegiatan tertentu aku masih makan nasi sih. Dua hari yang lalu aku lunch sama temen baik, makan udang goreng tepung dan gurame goreng kesukaanku, dan itu pake nasi doooong, slurp! :)
Yes, only in special occassion.. (alesaaan :p)

Rencananya mau turunin sampe 55 kg gitu deh, bisa gak ya? :D

1 comment:

anya said...

mbaaa , aku juga lagi pengen banged diet ,, trus baru ngeliat kayanya wrp program kayanya manteb banged kalo dijalanin ..

aku mw nnya doong , soalnya masi kurang jelas ,. aku masi bingung sama wrp diet to go yg isinya 2 pak .. itu tuh bubuk ato susu air c sbenernya ?

soalnya aku nemuin , ada yg beratnya 250 gram , ada yang 500 gram ..

trus itu mba nulis harganya 11ribuan , isinya 2 pak ? serius mba ?

mohon balesan secepatnya ya mbaa ..
pengen diet serius , tp belom dapet pencerahan sama sekali dari prosuk inii ,.

thanks before , :)