Monday, October 26, 2009

cerita senam hamil di RS bunda

Setelah merencanakan ini selama bertahun2 (lebai.com) akhirnya aku ikut senam hamil juga.
Temen2 dan keluarga banyak yang menyarankan dari dulu ( mestinya sudah boleh ikut diatas kehamilan 28 minggu), tapi karena dokterku keliatan ngga begitu antusias waktu aku tanya apa aku perlu ikut senam hamil (dia bilang penelitiannya, senam hamil cuma mempercepat persalinan 10 menit saja) aku akhirnya jadi males2an.
yaaa kalo dibanding sakitnya melahirkan yang bisa seharian 10 menit memang kelihatan ga bermakna ya, makanya jadi males..

Tapi trus mengingat2 hari ini ngga ada kerjaan, aku mulai menelpon rs YPK menteng, yang ternyata tiap senin ada jadwal senam dan rs bunda menteng.
Nominator tempat senam dari dulu ya dua tempat ini.
Kalo YPK harganya 30 ribu, rs bunda 50 ribu.
Awalnya telpon YPK, trus mbak yang angkat agak ragu2 gitu suaranya pas aku tanya hari ini ada jadwal ga.
Berikutnya telpon bunda, mbaknya dengan nada ramah, bersemangat dan bersahabat menjawab pertanyaanku. Yowis.. akhirnya aku daftar buat sesi hari ini ( senin ) jam 4. Di Bunda jadwalnya senin (jam 4), rabu (jam 4 juga), sabtu (jam 9)

Aku masih tidur sampe jam 15.45 sebelum akhirnya terbirit2 berangkat naik taksi ke bunda. Hehehehe... untung jam 4 kurang 5 udah nyampe, taksinya ngebut :))
Waktu ngeliat ibu2 perut buncit mau ke RS bersalin bayangan sopir taksinya mau melahirkan kali yaa.. hahahahah.. padahal cuma mau senam aja..

Tempat senamnya bukan di RS bundanya tapi di Bunda International Clinic di sebrangnya hotel marcopolo. Ya beberapa bangunan di sebelah RS bunda gt deh. Tempatnya lantai 2.
Disitu ada spa untuk mum dan mum to be juga lhooo..
Sampe sana aku solat dulu trus habis itu baru masuk ke ruang senam.

Di ruang senam sudah siap matras empuk dengan bantal2 kecil.
Kali ini pesertanya ada 5 orang saja. Aku seneng karena nggak crowded, beritanya kalo rabu/sabtu bisa sampe belasan orang loh.
Waktu ngobrol2 sama ibu2 yang lain, kan pada tanya2 tuh, sekarang minggu ke berapa..
Pas tau aku minggu 38 mau 39 dan minggu depan due date-nya, ibu2 yang lain pada kaget.
"Waaah kalo saya kurang seminggu begitu ya gak bakal mau keluar rumah"
hahahha...

Temen2 peserta yang lan ada yang hamil 31,33,35, 37 daaan ibu perut buncit yang satu ini juaranya (paling tua hamilnya) :D

Instrukturnya namanya mbak upi.
Awalnya ditensi satu2 ( aku 120/80) tumbeeen.. biasanya ngga pernah lebih dari 110 lho.
Trus mulai deh senamnya.
Secara garis besar diajarin gerakan :
-stretching tangan, leher, otot paha
-gerakan supaya pinggang nggak gampang ngilu
-gerakan supaya kaki ga gampang bengkak
-latihan otot dasar panggul (kegel)

trus relaksasi deh... (dimana aku sampe ketiduran saking rileksnya, hehehehe.. diiringi musik klasik dan suasana adem2 gitu... jelas tidurlah aku:D)

yang terakhir...the best part adalah belajar mengejan!
nah.. ini cuma bolek untuk ibu hamil diatas 37 minggu dan cuma boleh dilakukan di tempat senam karena bisa memacu kontraksi.
Sebelumnya aku berdoa dulu, moga2 gapapa, soalnya aku pengen baby N lahir di Malang, jangan gara2 latihan ngejan ini langsung lahir di Bunda, hahahhaa...

Alhamdulillah aku nyoba 2 kali kata mbaknya OKE, BU!!
Hihihii... mudah2an waktu melahirkan nanti masih inget caranya yaaa:)

Trus kebetulan juga tadi itu ada perwakilan dari botol susu dr Brown yang bagi2 sampel botol gratis, hehhehe... alhamdulillah, rejekimu nak :))
jadi aku dapet satu botol susu bayi newborn merk dr brown deh :))

Senamnya ternyata lama juga, jam 4-6.
Di akhir acara dikasih susu mocca anget (prenagen?), dan kue kecil ( bolu dan makaroni panggang). Nyam...nyam...

Overall senang dengan senam hamil ini. Jadi ngga penasaran lagi gimana cara mengejan yang bener dan sekarang jadi lebih pede untuk menghadapi the d-day.
Mudah2an nanti bunda lancar ya ngejannya nak, supaya kamu lahirnya cepet dan gampang. Amin:)

ps:gambar diambil dari 2be1forever.com

38 weeks

Sabtu kemaren ngga terasa sudah 38 weeks kehamilanku.
Hihihi... kok rasanya cepet banget ya. Dari jaman pake testpack, kaget hasilnya positif, trus ke dokter pertama kali, muntah2, dst..dst.. eh tiba2 sudah 38 minggu aja.
InsyaAllah baby N akan lahir 2 minggu lagi ( di Malang aja ya nakkk... :)) )

38 minggu ini... beberapa yang terasa berbeda adalah sesak nafas lebih sering, apalagi kalo tidur terlentang langsung sesek deh. Tapi sekarang aku sudah pintar, langsung tidur miring ke kanan (padahal kata dokter mestinya miring ke kiri sesuai arah punggung bay) tapi kok somehow lebih enak kanan yaaa...
Trus... pinggang sakit sering sekalii....
Trus...kontraksi palsu sehari bisa 10 kali gitu.

Kontraksi palsu itu adalah ketika perut tiba2 menegang dan terasa agak mules..
Tapi biasanya cuma 1-2 menit, dengan pindah posisi langsung hilang.
jadi kalo si kontraksi palsu ini sudah muncul aku langsung berdiri atau geser, langsung deh ilang.
Perut kenceng2 kadang2 juga bikin ngeri. tapi alhamdulillah selama ini sih 2 menit paling lama trus ilang sendiri...

Naaak... bentar lagi ketemu bunda yaaa:))

horeee bumwear-ku datang!

Sebetulnya pesen bumwear ini sudah lamaaa, ada kali sebulan yang lalu. Dan barangnya juga sudah dateng lama, cuma baru kemaren sempat ngambil di rumah tante. Aku pesen bumwear disini.
Harganya 255 ribu satu cloth diaper(clodi)+satu insert. Aku pesen 4 biji warna warni.

Belanja di toko online ini oke juga loh. Mbaknya ramah dan mau sms panjang lebar untuk menjelaskan cara pake, cara cuci dll. Recommended deh :) dan dibanding penjual bumwear online yang lain, harganya termasuk yang murah lho. Dan ready stock juga...

Waktu buka bungkusannya, deg2an juga ( halaaah ). Kayak apa ya beli popok 250 ribuan, hahahaha... Awas aja kalo nggak bagus barangnya.
Ternyata setelah aku liat lucu2 juga...
Favoritku yang warna biru ( pojok kiri atas). ganteng juga bilang lucu2. Yang disebut insert ternyata kaya lapisan anduk gitu, yang kita masukkan ke dalam kantongnya.
Setelah aku coba masukin ternyata bulky juga.
Aku ngga bisa membayangkan kalo diluar clodi ini baby N masih pake celana/ rok, apa nggak nggembung gitu ya... wondering sekali...

Ini nih penampakan bumwear setelah diisi insert. Insertnya sengaja agak aku tonjolin keluar gitu ( yang warna putih itu loh)
Bulky ya,
sepertinya lebih slim smart nappy mothercare deh.. Mudah2an walaupun bulky tapi bener2 bisa diandalkan daya serapnya ya.
Seperti pada post2ku dulu, aku kan suka cerita kalo clodi yang macem bumwear ini, berbeda sama smart nappynya mothercare, bisa untuk baby 5-15 kg. Jadi nanti tinggal disesuaikan snap-nya dengan ukuran pantat bayi.
Sejauh review2 yang aku baca, bumwear ini termasuk yang reputasinya bagus, walaupun ada beberapa mums yang bilang setelah 3-4 bulan kok pada bau pesing bumwearnya. Haaaahhh, awas aja kalo kejadian begitu, hahahaha... karena aku berinvestasi bumwear yang mahal ini untuk dipake sampe baby N umur 2 taun (seperti iklannya). Kalo sampe 3 bulan udah pesing bisa nangis darah aku :))
Selain bumwear, barang pesananku yang juga datang adalah alas ompol renata. yang sudah terkenal sejagat raya anti bocornya. hahahha... dasar aku ini mudah termakan iklan, akhirnya ikutan pesen juga 2 lusin, satu lusinnya 48 ribu.
tapi memang lho di review2 mommy2 bilang daya serapnya mengerikan...
Dan bisa dijadikan insert juga...
Kalo di website-nya renata, bisa dijadikan anduk, alas bedong segala gitu...
Official sellernya disini, tapi aku belinya disini (resellernya) karena pas pesen di renata shopnya nggak ada respon. Kabarnya sih karena banyak sekali yang pesen.
Kemaren aku coba menuangkan air ke alas ompol renata, eh, ternyata airnya nggak terserap. Sambil agak emosi ( mari salahkan hormon kehamilan, hahahaha ), ternyata pas aku baca dipetunjuk depannya, harus dicuci dulu supaya hilang lapisan lilinnya dan daya serapnya bagus. Pantes... hahahahha...
Mudah2an bumwear dan alas ompol ini bener2 memuaskan ya:))
nanti kalo baby N sudah lahir aku akan bikin reviewnya..

Monday, October 19, 2009

cloth diaper buat baby N


Aku pingin sekali setelah 2 bulan baby N bener2 bebas dari disposable diaper. Alasannya seperti yang sudah aku ceritakan dulu2..

Karena dispo diaper itu mahal, nggak ramah lingkungan daaannn... mahal, hahahhaha...
Setelah browsing2 kelihatannya perlu sekitar 10 cloth diaper (clodi) buat baby umur 3 bulan keatas. Nanti semakin gede kebutuhan mestinya semakin berkurang seiring dia belajar toilet training.

Aku sudah punya 4 bumwear sekarang..
Rencananya mau beli 1 bumgenius dan 1 fuzzy buns lagi sebagai tambahan clodi yang "bermerk"
bumgenius itu kayak yang digambar warna ijo muda ( aku pesen warna itu juga ), kalo yang biru itu fuzzy buns
kalo bumwear buatan singapur, bumgenius dan fuzzy buns buatan USA.
Clodi luar negeri terkenal awet, tahan bocor, nyaman... walaupun mahal. Itu rata2 harganya 250 ribuan ( 1 clodi dan 1 insert). Tapi kalo dipikir2 clodi bisa sampe dia umur 2 tahun sebetulnya investasi yang oke juga kan...
Ada juga clodi2 lokal, cuma kata review2 sekali dipipisin langsung bocor :(
Kalo clodi yang buatan luar itu rata2 bertahan 4 jam. Kalo buat malem pas bobo bahkan bisa bertahan 8-10 jaman, asal ditambahin insert, atau hemp..(nah, yang awam soal clodi pasti bingung ya istilah2 ini, hehehhee)
Aku banyak baca perbandingan antar clodi disini
Ada merk2 lain yang menurut banyak testi sangat awet buat malam hari, merknya blueberry minky ( 370 ribuan ) dan rumparooz ( 270-300 ribuan). Tapi masih belum beli karena nggak ada duit segitu banyak, hahahha...
Aku juga pesen 4 clodi merk coolababy dari cina.
Clodi ini lebih murah yaitu sekitar 110 ribuan. Tapi kabarnya cukup oke menampung pipis selama 4 jam-an asal insertnya dobel.
Jadi InsyaAllah nanti bisa siap 10 clodi biar bebas dari disposable diaper sama sekali.

Oh yaaa...
alas ompol renata juga kabarnya bisa dijadikan insert loh. Aku udah pesen 2 lusin perlusinnya 48 ribuan..

AKu juga rencananya mau pesen insert KND loopy do, buat tambahan insert malem hari pas bobo. Kabarnya loopy do ini super kuat dan anti bocor. Satu bijinya 80 ribuan.
Hmmm..Banyak juga ya pengeluaran, ini masih urusan diaper padahal...
Hahahha... tapi aku syenang ( karena dasarnya senang shopping, hehehe)
Oh ya, semua urusan clodi ini aku beli online. Ntar berikutnya aku post tentang tempat2 belanja clodi ya.
Ayo moms dan moms to be, mari kita beralih ke cloth diaper :))

surat buat anakku

assalammualaikum wr wb,
Nak, apa kabarmu dalam perut bunda?
Bunda tadi sore makan bakso, trus barusan karena kelaparan lagi makan rawon deh. Tapi rawonnya nggak begitu enak ya?
Kamu suka nggak?

Kamu lagi ngapain nak?
Biasanya kalo bunda habis makan, kamu langsung senam kesegaran jasmani dalam perut bunda, hehehehe... sampe kelihatan ada yang benjol2 di perut bunda. Itu bokongmu ta yang megol-megol? hehehhee...

2 minggu kemaren bunda sakit sekali selangkangannya. Sekarang sudah nggak lagi. Gara2 bunda dikasihtau dokter kalo sakitnya bukan penyakit tapi gara2 kamu sudah mau turun kepalanya.
2 hari ini malah nggak sakit sama sekali. Bukan karena kepalamu naik lagi kan? hehehehe...

Kapan ya nak kamu disuruh Allah untuk ketemu Bunda?
bunda sih mau kapan aja. Kamu kan sudah 37 minggu, jadi InsyaAllah kalo lahir sekarang juga udah siap.
Tapi bunda pingin melahirkan kamu di malang. Biar ada papa mama dan tante2. Nanti panda juga ikut nganter ke malang kok.
Minggu depan hari Jumat kita udah ke malang. Rencananya naik kereta. Kamu yang sabar ya nunggu :)

Kamis kemaren waktu bunda jaga IGD itu besoknya kaki bunda bengkak2. Padahal pas jaga bunda nggak terlalu jalan kesana kemari lho. Tapi memang capek se. Kamu sebel nggak kalo bunda pas jaga gitu, takgendong kemana2 24 jam? Hehehhee...
Kamu nggak papa kan? Biar kamu sehat tak ajak jalan2 terus kesana kemari :)
tapi 2 minggu ini bunda udah ga jaga lagi kok. Kita banyak bobo aja ya. Soalnya bunda juga udah ngerasa berat perutnya, dan gampang capek.
Besok bunda presentasi, weekend ini kita ada acara seminar trus minggu depan ada ujian2. Itulah jadwal acara kita sebelum kita pulang ke malang.
Nggak papa yaaaa, ayo semangaaaaaaaaaatttt! :)

Owkey.. gitu aja ya sayang.
Kamu sehat2 ya dalam perut bunda. Bebas tendang kesana kemari kok.
Bunda suka kamu tendang2, hehehehhe...
Sampe ketemu nanti nak. Mudah2an 2 minggu lagi kamu udah lahir. Mudah2an sama Allah dimudahkan pas melahirkan kamu. Bunda dan kamu dikasih sehat sama Allah. Amin...
Nanti kamu pasti takpeluk2, takgendong2 dan takajak baca buku sama2. Taun depan bunda banyak tugas presentasi, bikin penelitian, nulis makalah. Kamu nanti tak ajak belajar terus. Siap2 yaaa, kita berjuang taun depan :))

Dadah cantik :)
bunda sayang kamu

assalammualaikum

nb : panda sekarang lagi UTS lho...UTS itu ujian tengah semester. Kamu nanti kalo SD juga ada UTS gitu nak. kata panda kayaknya ujiannya susah soalnya panda tadi nggak belajar, hihihi.
Doakan panda sukses ujiannya ya, dan cepet lulus kuliahnya :))

Friday, October 16, 2009

Nyeri adalah persepsi :))

Dulu waktu belajar tentang nyeri, dikasihtau definisi nyeri adalah persepsi tidak menyenangkan.
Karena berupa persepsi, makanya antara orang satu dan yang lain beda2. Ada yang bilang kaya gini nyeri, ada yang bilang biasa aja...
Tergantung gimana kita menanggapi rangsang nyeri itu.
(Ini juga konsep hypnobirthing yang menananmkan persepsi bahwa melahirkan itu nggak nyeri)

Ini aku rasakan pas aku nyeri2 selangkangan itu,
Seperti di post sebelumnya, nyeriku itu sampe kaya ditusuk2. Jalan aja ngga bisa lurus, kadang harus pegangan tembok.
Duh, pokoknya nyeri sekaliiii...
Apalagi pas orang2 yang sudah pernah hamil aku tanya apa mereka juga kayak gini dulu pas hamil tua dan pada bilang "nggak". Arrrgh.. stresss aku..

Tapi ..
setelah diperiksa sama obgyn dan dibilang bahwa aku nyeri karena kepala anakku lagi turun mencari jalan lahir dan setelah diperiksa dalam dibilang nggak ada apa2, langsung lho nyeri itu sangat berkurang.
Hahahhaa...
kalo sebelum aku diperiksa obgyn dari skala 1-10 nyeriku itu aku kasih nilai 7 ya.. Setelah obgynku bilang nggak papa, langsung turun menjadi 2 skalanya.

Aku "tiba-tiba" bisa berjalan cepat kayak biasanya. Berubah posisi dari duduk dan berdiri kaya dulu tanpa mengernyit2. dan kemaren waktu aku jaga UGD aku berkeliaran kesana kemari dengan bebas tanapa nyeri. Hahahhaa... padahal selama satu minggu sebelumnya itu aku jalannya terpincang2 gitu :))

Jadi terbukti deh padaku, nyeri itu persepsi :)
begitu dibilang ini bukan penyakit, meskipun mestinya semakin hari anakku semakin turun kepalanya ( secara logika bikin semakin nyeri kan ), eehh... ilang deh sakitnya :))

Karena ini juga weekend besok aku pingin cari buku hypnobirthing di gramedia. hahaha... supaya bisa mensugesti diri sendiri pas partus nanti, supaya tidak terlalu sakit rasanya daaann.. bisa pintar mengejan :)
Amin...

36 weeks 3 days - rush hour

Rabu kemarin itu heboh juga.
Aku kan mestinya kontrol kehamilan selasa, tapi karena aku jaga, jadi rencananya pending jadi sabtu. Ternyata pap mam mau ke jakarta sabtu, jadii, aku memutuskan untuk kontrol rabu saja, siang2 habis sekolah.

Nah, sebetulnya rabu siang itu dokterku ada jadwal praktek di evasari jam 12 an. Jam 11 aku telpon evasari, katanya dr ariati praktek. Eh ternyata 30 menit kemudian aku ditelpon balik dikasihtau kalo jadwal berubah, beliau praktek siangnya cuma selasa saja.

Kyaaa... histeris aku...
Karena aku bener2 pingin diperiksa kenapa kok sakit di selangkanganku menjadi2. Takutnya ini infeksi. Ada kakak kelas yang bilang jangan2 uterus ( rahimnya ) prolaps ( keluar ). Haaaaahhh, aku udah senewen aja. Seminggu ini bener2 nyeri,. jalan aja harus dipapah ganteng.
Padahal kamisnya kan aku jaga UGD jadi aku berharap rabu udah ketauan bener kenapa kok nyeri sekali seperti ini.

Trus aku sms si dokter
Doook... aku nyeri daerah vagina, sampe sulit jalan. katanya dokter ga ke evasari, apa aku periksa ke dokter lain atau gimana baiknya?
Trus dibalas beliau ternyata siang itu praktek di YPK Menteng
Horray... YPK menteng seharusnya ngga jauh2 dari rumah sakitku, jadilah aku terbirit2 ke sana naik taksi sepulang sekolah.
Kata si dokter, cuma praktek sampe 13.30 sedangkan aku baru keluar RS-ku jam 13.00.
Sepanjang perjalanan ke sana aku ngomel2 terus ke sopir taxinya, hahahhaa... soalnya dia bilang tau dimana YPK menteng itu, tapi ternyata nggak.
Aku telpon ganteng trus dikasih tau ancer2nya.

Sampe sana jam 13.10 an...
Legaaaaa...
Dibanding evasari suasananya lebih homy evasari sih menurutku. RS-nya sendiri lagi direnovasi.
Trus pas ngeliat di daftar nama dokter yang praktek disitu, aku itung ada 21 orang, yang cewek 2 orang.
Sebetulnya rekomendasi temen2ku tempat melahirkan yang oke itu ya YPK ini loh. Cuma waktu itu aku dikasihtau kalo ngga ada dokter ceweknya jadi aku nggak mau. Kalo tau ada dokter cewek aku lebih memilih disini kali ya.
Soalnya konsulen2 ngetop pada praktek disini semua, termasuk alm. Prof Gulardi.
Jadi kalo in case aku melahirkan dokterku ngga bisa dateng, yang bakal menggantikan itu terpercaya2 semua, gitu lho...

Back to the story...
aku mendapat nomer antrian 2.
Setelah menunggu sekitar 30 menitan akhirnya giliranku datang juga :))
Di dalam kamar dokter ditimbang dan ditensi kaya biasa..
BBku 73 kg, naik 13 kg bow... hahaha, ndutnyaaa.... trus tensiku 110/70 seperti biasa
Trus ditanya : apa yang sakit
"Ini lhoooo" sambil aku nunjuk arah vagina
Dokter ariati malah ketawa.
"Hahaha... ya kan bayinya lagi cari jalan lahir"
Trus aku disuruh tiduran di tempat USG

USGnya lebih baru alatnya daripada di evasari, gambarnya lebih oke.
Alhamdulillah semua kelihatan baik2 saja.
kalo dulu pas hamil muda cairan ketuban masih banyak sekali dan janin masih kecil jadi dia jumpalitan di dalam cairan ketuban, sekarang anakku karena sudah gede jadi nggak bisa seheboh dulu gerakannya :)
Ditunjukin anggota2 badannya kaya biasa, dihitung ukuran perut, otak ekcil, panjang tulang paha, dan eh, ternyata labium mayor ( alat kelamin ceweknya ) pas kelihatan jelas banget, hehehehe... adek lagi ngangkang :)

Alhamdulillah sekarang berat anakku 2600-2700 kg, ngga kegendutan lagi kata dokter ariati.
tapi aku tetep diwanti2 nggak boleh makan manis2 karena peningkatan BB janin pada usia cukup bulan itu sangat signifikan. Kalo lahir > 3,5 kg, biasanya harus pake vakum, yang aku malessss banget ngebayanginnya.
Nanti lahir normal aja ya nak... :)) amin...

Berikutnya adalah periksa dalam.
Minggu ini memang beliau berencana periksa dalam ( vaginal touche - VT ) untuk lihat ukuran panggulku, cukup nggak untuk melahirkan normal.
Aku sudah ketakutan aja mau di VT, kata orang2 super sakit.
Ternyata kalo rileks memang sakit, tapi ngga sesakit yang aku kira
Si dokter tersenyum senang setelah VT
"Bagus... kepala sudah turun di hodge 1-2"

Evaluasi VT : ukuran panggulku normal, mudah2an bisa melahirkan normal. AMin...
Karena menurut perhitungan minggu depan janin sudah cukup umur ( 37 minggu ), aku udah diajarin, kalo misalnya :
- mules mules dalam interval 2x tiap 10 menit
- nggak mules tapi air ketuban pecah
atau..
- nggak merasakan gerak janin lebih dari 3 jam
Harus langsung kerumah sakit kapan saja.
Tapi kalo minggu depan belum ada tanda dimulainya persalinan, aku akan kontrol 2 minggu lagi.

Kalo kehamilan diatas 37 minggu, janin sudah dibilang cukup umur dan siap dilahirkan.
Dan si cantik ini kepalanya udah turun pula.
Hehhehe... aku tertawa panik, secara aku pengennya dia lahir november saja di malang karena ngga nyiapin apa2 di jakarta.

AKu juga disuruh jalan pagi tiap hari minggu depan supaya persalinan lancar daaaannn... diingetkan lagi ngga boleh makan manis2.

Tentang nyeriku itu aku sampe nanya berkali2, bener yaaa ini bukan penyakit.
DOkternya tetep ketawa ketiwi katanya semakin sakit semakin bagus, hehehe, berarti adeknya aktif mencari jalan lahir.
Aku tanya, "ini bukan ISK ya?"
Katanya :
"kalo hamil muda itu kamu akan sering kencing, begitu juga pas hamil tua begini. Jadi ngga usah kuatir, bukan ISK kok"
Asiiikkk... :))

Oh yaaa,..
aku sempat tanya " aku perlu ikut senam hamil nggak dok?"
Dia diem dulu trus nyengir.
Katanya, " Boleh aja... menurut penelitian, kalo ikut senam hamil persalinan lebih cepet 10 menit dibanding yang ngga ikut. Hahahhaa... cuma beda 10 menit.
tapi ya lumayan lah.."
Ooooohhh... aku cuma ber-oooo, ternyata bedanya ngga jauh ya. Secara persalinan normal kalo untuk kelahiran pertama 18 jam, kalo cuma lebih cepet 10 menit yaaaa... gimana yaaa... ga beda2 jauh dong. Hahahha...

Ini salah satu yang aku suka dari dokterku. Karena dia berbicara dengan angka2 dan fakta hasil penelitian. Aku sukaaa sekali kaya gitu, karena artinya dia up to date. Hehehhee... males kalo cuma ngomong berdasar berita2 ga jelas. Kalo ada penelitiannya kan jadi meyakinkan.
begitu juga dulu waktu dokterku meyakinkan aku pentingnya suntik tetanus, penularan TORCH dari ibu ke janin, vaksin hepatitis, dia juga selalu menyebut angka hasil penelitian.
love it bery bery much :))

Yaaaa jadi begitulah laporan kunjungan ke obgyn.
Biarpun kacau dan buru2, tapi puasss...
Alhamdulillah anakku sehat, aku ternyata sakit2 di selangkangan juga bukan karena infeksi.
Mudah2an kedepannya semua selalu lancar dan dimudahkan Allah
Amin :))

Friday, October 9, 2009

Clarins work like a charm

Baca di blognya arienda, Clarins work like a charm yang oil bisa menghilangkan stretchmark hamil!!
Huaaaa, cuma harganya 500 ribu. Dapet darimana duit segitu, hahahaha... secara bulan ini aku ga jaga swasta sama sekali supaya ga terlalu capek.
Ada yang ingin membelikan ?? blink blink...

Thursday, October 8, 2009

tentang bra menyusui..

Hamil tua begini, sudah waktunya buat kita mempersiapkan bra menyusui, hihihihahaha...
Sejak hamil 4 bulan, aku sudah mulai survey2, berapakah harga bra menyusui yang bagus.
Tau kan, yang bisa dibuka dikit cup-nya, jadi kalo menyusui ngga repot harus lepas2 pengait bra yang di belakang.
Selama hamil ini, tentu saja ukuran bra juga membesar. Bisa naik 1 nomor dan cup-nya juga lebih gede, karena payudara berkembang mempersiapkan depo ASI :))
3 buah bra menyusui pertamaku, dibeli dengan harga super murah Rp 30.000 saja masing2nya di ITC cempaka mas Toko Dunia Toys :))
Aku belum pernah lho pake bra 30 ribuan, bagaimana rasanya yaaa?
Yaaa sesuai harga yang ngga mahal, tentu saja kualitas dan kekuatannya untuk menggendong payudara ibu menyusui harus dipertanyakan, hahahhaha...
Karena karena... sebetulnya dari dulu aku tau bahwa memilih bra itu harus bener2 yang berkualitas, mahal dikit gakpapa asalkan dia mampu menahan "beban" Kalo nggak jadinya bentuk payudara bisa nggak bagus lagi padahal masih muda, kan sayang yaaa :((
However, di Dunia Toys waktu itu dibilang bra yang 30 ribuan itu yang terbaik lho ( disana ). Ada juga yang 20 ribuan soalnya :))
Bra menyusui berikutnya aku beli di Malang. Dibelikan Mama ding..
Merk Sorella. Ada 2 macem. Yang satu tanpa kawat warnanya soft pink begitu ( harganya sekitar 110 ribu masing2 ) dan dengan kawat yang tampak kokoh dan meyakinkan, harganya 180 ribuan. Waktu itu sale lebaran, jadi kalo ngga salah dapet diskon 20 %.
AKu beli 2 yang tanpa kawat dan 2 dengan kawat.
Hm.... sepertinya nanti harus menambah lagi bra menyusuinya. Kalo 7 biji rasanya ngepas banget. Kalo pas produksi ASInya banyak, pasti bra suka basah dan harus sering2 ganti kan..
Oh ya, Mothercare juga ada koleksi bra menyusui, tapi ya itu.. harganya doesn't care about mother banget hahahhahaha...
Kalo ada duit lebih, mending aku beliin bumwear lagi daripada bra mothercare :))

Ngulang cek lab lagi nggak yaaa?

Akibat nyeri di selangkangan kaya yang aku ceritakan di post sebelumnya, dan riwayat pernah infeksi saluran kencing (ISK) pas hamil 7 bulan, aku jadi kepikiran, mau ulang cek darah ( dan urin ) gak yaa?
Oh ya, waktu cek darah di Prodia pas hamil 7 bulan itu juga ketahuan bahwa aku anemia ringan, sekitar 10 koma berapaaa gitu Hb-ku ( Hb untuk orang hamil minimal 11 mestinya )
Waktu aku anemia itu, dari hasil darah itu ketahuan kalo penyebab Hb-ku turun adalah karena kurang zat besi, bisa tuh dilihat dari gambaran darah tepinya.
Sama dokterku sih aku ngga disuruh nambah suplemen apa2, cuma disuruh makan sayur hijau lebih banyak.
Tapi karena aku masih punya banyak stok Hemobion ( yang dulu pernah aku beli pas hamil muda tapi ngga keminum gara2 aku mual hebat ), yaa aku minum saja Hemobion-ku, hehehehhe... ibu hamil yang sok tau :))
Hemobion itu isinya zat besi, asam folat, calcium dan aneka vitamin lain.
Sedangkan aku masih minum Obipluz, suplemen dari dokterku yang isinya mirip2 itu juga :))
Kebutuhan zat besi selama hamil sekitar 27 mg dan kebutuhan asam folat 800 mcg/hari.
Asam folat itu juga perlu buat bikin sel darah merah.
Obipluz itu isinya asam folat 1000 mcg lho. Ngga tau kenapa kok masih anemia juga :((
Hmmm... sebetulnya... sejujurnya....ada hari2 Obipluz ngga diminum sih, terutama kalo lagi jaga dan ribet urusan sekolah ( nyengir jelek *-*)
Kata dokterku mestinya kebutuhan besi selama hamil sudah tercukupi dari makan, suplemen daaaann 2 gelas susu ( apa aja, ngga mesti susu hamil ). Tapi tau sendiri aku malezzzz minum susu. Selama hamil ini, mungkin cuma 5 kali saja pernah minum susu. Kalo susu Ultramilk lumayan sering juga, let's say... 10 kali selama hamil, hehehehhe...bener2 bandel yaaa..
Waktu dikasih tau anemia itu aku sebetulnya agak nyesel kenapa nggak rajin minum susu, sudah tau kebutuhan mikro dan makronutrisi naik berlipat kalo ada adek bayi.
Tapi aulia gitu loh, sedihnya ya cuma hari itu, sama mewek juga (gara2 pada hari yang sama dikasihtau aku anemi, ISK dan bayiku masih sungsang), tapi habis pulang ya teteupp... ga diminum susunya :))
Nah.. kupikir2 mestinya aku evaluasi lagi ya. Berapa Hb ku sekarang, bagaimanakah urinku setelah minum antibiotik, apakah masih ada bakteri?
Tetapi... sungguh malas pergi ke laboratorium. Hahahhaa... padahal sehari2 juga sekolah di rumah sakit, tinggal jalan beberapa langkah, tapi si mbok ini memang super malas *_*
Rencananya minggu depan, waktu jaga aja sekalian cek darah dan urin. Sekalian ribet deh, ditungguin aja hasilnya sambil jaga :))
Doakan semua sehat ya, aku dan adek bayi sehat dan nanti persalinan lancar dan dimudahkan Allah. Amin...

syarat mengurus akte kelahiran

Tadi aku browsing2 tentang syarat mengurus akte lahir. Karena rencananya mau melahirkan di malang, ngga di jakarta, jadi syarat ini mesti mulai disiapin dari sekarang.
Mengurus akte lahir itu ternyata paling lambat 60 hari dari kelahiran adik bayinya.

Ini dia syaratnya : (dikutip dari sini )
FC Kartu Keluarga
FC KTP kedua ortu
FC 2 orang saksi
FC Surat Nikah yang di legalisir
FC Surat lahir ASLI dari RS
Pengantar RT/RW
Dari Kelurahan - Formulir F.201 ( Pemohon )
Dari Kelurahan - Formulir F.202/Tripikat (untuk Ybs)
Pernyataan Partisipasi Satu Jiwa Satu Pohon

Dari Kecamatan- Verifikasi & Validasi alias tanda tangan dan stempel Formulir F.202

Tulisannya sih di website kantor catatan sipil untuk anak pertama dan kedua biayanya 4000 rupiah saja, sedangkan untuk anak ketiga dst 8000.
Tapi kenyataannya ngga mungkin begitu lah ya, Indonesia gitu loh, hahahahaha...

Ada juga paket mengurus akte lahir dari RS, biasanya Rp 100.000-300.000 per-anak. Ini buat yang ngga mau repot2 ngurus kesana kemari.

Jauh juga ya bedanya antara ngurus sendiri (walaupun plus biaya lain-lain) sama kalo diurusin RS.
Indonesia banget, semua serba dikomersilkan, heheheheh...

Wednesday, October 7, 2009

Ganti template

Akhirnya bosen juga sama template yang lama..
Jadilah hari ini, yang mestinya waktunya dipake buat ngerjain case report dipake buat mencari template baru, mengupload, menambah widget dll..
Hehehhehe...
Membuang2 waktu tapi seneng pas ngeliat hasil akhirnya :))

Templatenya masih kacau. Besok deh dibenerin lagi :))
Ada komentar tentang template baru ini??

nyeri di selangkangan ini...

Sejak 3 hari ini, aku merasa nyeri sekali di selangkangan. Terutama kalo berubah posisi, misal dari jongkok ke berdiri, dari duduk langsung jalan atau pas lagi jalan cepet. Sengkring sengkring gitu rasanya... Sampe kalo jalan harus agak mengangkang kayak habis sunat - sampe diketawain temen2ku yang cowok, hahuahahhaha...

Awalnya aku berpikir ini normal.. Mungkin karena kepala bayinya sudah mulai turun.. dan sendinya mulai meregang mempersiapkan persalinan. Tapi kok ya sengkring2nya menjadi2.. aku sampe gelisah tiap kali jalan.

Mulailah aku bertanya2 ke temen2 yang sudah pernah melahirkan, apakah memang beginiii?Trus aku browsing2 juga..
Kata temen2 rata2 yang sakit pinggangnya, sakit selangkangan sih iya, tapi minimal sekali. Ngga sampe kaya ceritaku yang kalo dibuat jalan super nyeri.
Kalo dari hasil browsing ada juga ibu2 yang mengeluh nyeri di daerah vagina pas hamil tua, trus ke dokter dan nggak dikasih apa2 ( dibilang normal ) dan dikasih anti nyeri biasa...

Akupun kemaren berencana ke obgyn mau tanya ini normal gak ya?
Takutnya ada infeksi saluran kencing (ISK) juga. Kan saluran kencing ibu hamil gampang sekali infeksi.
Cuma memang nyeriku ini pas berubah posisi, bukan pas pipis ( jadi lebih cocok sama cerita sendi2 yang meregang daripada ISK )

Inget ga salah satu ceritaku dulu, pas hamil 7 bulan aku juga pernah ISK yang ngga bergejala, trus sama dokterku aku dikasih antibiotik dosis tunggal.
Sampe sekarang antibiotiknya belum aku minum gara2 syaratnya harus diminum dalam keadaan perut kosong, 3 jam dengan jarak makan terakhir dan berikutnya, supaya absorbsinya maksimal.
Padahal aku selalu mengunyah, jadi syarat itu tidak terpenuhi hehhehehe...
Hasilnya antibiotik itu masih nangkring manis di meja rumah :))
Nah takutnya yang kali ini sequelnya yang dulu..
ISK itu, seperti ceritaku, kayak infeksi selama kehamilan yang lain, bisa memicu kelahiran prematur. Hohhoho.. males banget kan..

Ternyata sore kemaren hujan deres. Aku yang pemalas ini langsung jadi males ke obgyn, padahal deket lho sama sekolah dan rumah. Memutuskan langsung minum obatnya saja ah....
Jam 8 aku makan malam terakhir sebelum minum obat, diniatin ga ngemil2...
Jam 1 pagi pas aku kebangun untuk pipis, obatnya aku minum.
Namanya Monuril, isinya fosfomicin 3 gram, dosis tunggal (sekali minum saja). Pregnancy safety indexnya B kayaknya..
Minumnya kayak ademsari/nutrisari gitu, jadi serbuk dilarutin di air trus diminum. Rasa mandarin orange, jadi uenyakkk :)))
Habis itu aku bobo, baru makan pagi lagi jam 8 pagi.
Hehehhee... syarat terpenuhi, tumbennn :))

Mulai bangun sampe sekarang pas nulis blog ini ( jam 5 sore) nyerinya jauh berkurang lho.
Aku jalan juga pose biasa, ga ngangkang2 lagi.
Cuma kupikir2 mungkin ada tambahan sugesti kali ya. Belum tentu ISK juga. Karena si Monuril kan pasti butuh waktu untuk bekerja.
Ini.... begitu aku minum kok nyerinya terasa langsung berkurang.
hehehehhe... bagaimanapun juga, alhamdulillah sudah ngga gitu sakit lagi :))

Bayiku gendut?


Hmmm... waktu kontrol kehamilan 31 minggu dulu, berat badan cantik 1800 gram... Waktu itu dr ariati bilang : jangan makan manis-manis yaaa... biar anaknya nggak gendut. Nanti susah melahirkannya. Soalnya sekarang BB-nya udah di batas atas normal...

Setelah itu lebaran, dimana banyak sekali makanan manis betebaran.
Mana mungkiiiiinnnn - mana mungkiiiiiiiiinnnn aku nggak ngemil dan makan eskrim banyak2? huahahhaha...
Padahal mama dan ganteng rajin sekali mengingatkan : heeeiii.. jangan makan manis yaaa... nanti anaknya gendut..

Habis lebaran, hamil 34 minggu kontrol lagi ke dr ariati, BBnya 2450 gram
Dr ariati bilang : "Anaknya gendut yaaa...
Nggak boleh makan manis ya! Nanti kita susah ngeluarinnya, harus pake vakum2 segala.
Tapi makan biasa nggak boleh dibatasin ya, dia butuh banyak kalori untuk tumbuh. Tapi jangan yang manis...."
Hancur hatiku mendengarnya... hiks...
Soalnya aku ini ngga tahan nyeri dan (rasanya) ngga jago mengejan, jadi aku pingin dia BB lahirnya sekitar (max) 3 kg saja.
Nah ini beda 3 minggu saja dia sudah naik 600 graman, padahal kalo kelahiran dihitung 40 minggu, kurang 6 minggu dari pas kontrol itu bisa2 sampe 3,5 kg dianya
HAaaaa.... jangan dekkk....

Aku nanya2 ke temen2ku, katanya emang segitu gendut juga ya..
Ada temen namanya mbak desi. Anak pertama 3,6 kg anak kedua 3,9 kg.
Aku sampe pingsan dengernya.
"Hah mbak!! Kamu nggak dimarahin dr obgynmu bayimu segitu gede??"
Dia nyengir2 sambil ngomong " yaaa... aku melahirkannya kan jaman dulu, lagian d Aceh belum familiar sama USG untuk hitung taksiran berat badan. Jadi aku sama dokternya baru tau dia gendut ya pas lahir itu, hehehhee"

Hiyaaa... hebat sekali... bagaimana rasanya itu melahirkan 3,9 kg spontan??
Kata mbak desi yang kehamilan kedua itu robekannya panjang juga.
Hiyaaaaaaaaaaaaaaaa.... aku takuuuuuuuutttttt

Tapi susah sekali untuk nggak makan manis :((
Nafsu makanku menggila dan makanan manis2 terasa enaaaaakkkkkkkkk sekali :((
Sekarang terpaksa dipilih2 kalo mau makan, yg manis2 ngga dimakan. But still.... pasti masih
ada juga cemilan2 manis yang mampir perutku.
Huaaa... huaaaaaaaaaaaaaaaaa..........

Monday, October 5, 2009

Persiapan barang2 untuk melahirkan apa saja yaaa?

Sebetulnya, kalo hamil diatas 28 minggu, sudah mesti punya tas yang berisi barang2 yang dibawa kalo sewaktu2 melahirkan.
Jadi ngga pontang panting lagi kalo tiba2 kontraksi :))
Tapi kenyataannya, sampe sekarang aku belum menyiapkan apa2, hehehe, ibu bandel, masih banyak PR di sekolah soalnya, huaaaa :((

Ini baru saja browsing apa saja yang harus dibawa :

Buat IBU di rumah sakit:
1. Baju tidur
sebaiknya yang kancing/buka depan supaya gampang menyusui. Prediksi lama perawatan kalo kelahiran normal sekitar 3-5 hari, kalo caesar bisa satu mingguan
2. 1 set Baju untuk pulang dari rumah sakit.
3. Sandal.
4. Pakaian dalam. Bawa bra menyusui dan CD secukupnya :)
5. Pembalut wanita khusus untuk ibu bersalin
6. Gurita atau korset untuk ibu baru bersalin
7. Perlengkapan mandi dan dandan, heheheheh.

Kalo dari mama ditambah baju yang agak bagusan kalo ada yang jenguk ( masa dasteran, ga kereeeeennnn) dan sewek/jarik dan rok, karena kata mama habis melahirkan harus sering2 ke kamar mandi, jadi kalo pake rok nggak repot...

Keperluan untuk BAYI:
Biasanya keperluan bayi akan disediakan oleh rumah sakit.
Untuk pulang siapkan
1. Popok, bawalah beberapa biji
2. Baju bayi, bawa 2 buah karena bayi kadang Gumo(memuntahkan sedikit susu )
3. Selimut atau Bedong
4. Kaos kaki dan tanggan
5. Gendongan
6. Diaper bayi newborn

Buat BAPAK :)
1. Camilan
2. Bacaan
3. baju secukupnya
4. Kartu asuransi
5. Tiker/kasur lipet -- ini kalo melahirkan di RS yang ngga ada sofa/bed buat bapak yang nungguin

Allright... rata2 sih sudah punya ya (kecuali rok), tinggal packing saja....
Mudah2an besok atau lusa sempat packing :))
Hihihi... aku excited pingin cepet2 ketemu dia, tapi juga berharap lahirnya november saja sesuai taksiran ( keinginan ganda, huahahahha )

Begini ternyata rasanya hamil tua :))


Ooohh.. ternyata gini rasanya hamil tua hehehhee...
Ada begitu banyak perubahan dibanding pas hamil trimester satu dan dua, dimana aku sama sekali ngga ada limitasi fisik untuk mengerjakan apapun.
Berikut ini beberapa yang sangat "terasa"

1. Nafas jadi pendek2
Suka sesek nafas, terutama kalo habis makan banyak, hahaha. Karena kan diafragma terdorong ke atas sama adik bayinya, jadi nafas ngga bisa seleluasa dulu. Begitu juga kalo naik tangga lebih dari 2 lantai, atau ngomong panjang, butuh tarik nafas lebih sering :)

2. Suka GERD
GERD itu singkatan gastroesofageal reflux disease, artinya asam lambungnya naik ke atas, ke kerongkongan, bikin terasa pahit/perih di kerongkongan.
Sering sekali kaya gitu skg, ya itu... karena lambungnya keteken adik bayi

3. Sering pipis
Huhuhu, ngga terhitung semalam harus berapa kali kencing, bisa dua jam sekali gitu. Aku kan kalo bobo di sebelah tembok, ganteng yang disisi tempat tidur deket jalan, jadi kalo mau pipis aku selalu harus nglewatin dia. Hehehehe... boboknya jadi ikut2 kebangun terus.
Kadang2 pipis tapi nggak ada urinnya, cuma karena sensasi pingin kencing kalo kepala cantik lagi nyundul2 kandung kemihku hehehhe
Kata mama dia suka main sepak-kencing. Dia menyepak, aku kencing, huahahahhaha...
Katanya tipsnya jangan minum air banyak2 kalo malem. tapi mana bisa, aku sehari2 bisa habis 3-5 liter air, apalagi kalo jaga. Huhuhu, berasa penjual Aqua botol gede, bawaan aquanya banyakk :))

4. Badan gampang keringeten
Iya nihhh, terasa panas terus, bahkan di udara ber AC, aku gampang merasa gerah dan keringetan. Huuuuh, jadi harus sering2 pake deodorant supaya ga burket.
kata mama harus rajin ganti baju dalem biar ga bau.
Baru hamil tua ini lho yang kaya gini, dulu2 ngga pernah baju gampang basah, kaya kehujanan aja :(

5. Posisi tidur ngga enak
Terlentang salah, hadap kiri salah, hadap kanan salah, hahahahhaa... ruweeet cari posisi tidur yang enak.
Kemaren waktu di USG sama dokter ariati karena punggung cantik di sebelah kiri ( pantes tendangan mautnya lebih terasa di kanan) aku disarankan tidur ke arah sesuai punggung ( kiri).
Howkey....

6. Selangkangan nyeri
Ini baru terasa minggu ini, sekitar minggu ke 35-an. Katanya karena kepala cantik sudah masuk pintu atas panggul dan mulai menekan2.
Kalo habis solat posisi terakhir kan duduk tuh, bangunnya suka harus minta bantuan ganteng.
Begitu juga kalo habis jongkok mau berdiri, nunggu dibantuin. hehehe... untung ganteng selalu sigap mengulurkan tangan kalo aku lagi mau berubah posisi gitu.
Ngilu selangkangan ini hilang timbul tapi lebih sering timbulnya

7. Kontraksi
Kalo yang ini belum pernah. Mestinya bakal ada episode kontraksi palsu namanya Braxton Hicks kalo udah hamil tua begini. Bedanya sama kontraksi asli kalo yang asli semakin lama semakin kuat dan sering. kalo kontraksi palsu dibikin berubah posisi / jalan biasanya berkurang.

Aku berharap cantik lahirnya november saja... ya tik ya :)
Selain karena supaya pas 40 minggu, juga karena akhir oktober aku masih ada ujian, maju presentasi, dan sampai minggu depan masih ada 3 kali jaga lagi, termasuk 1x jaga IGD.
Hiyaaaaaaa.... semangaaaaaaaattttt!!!! :))

Thursday, October 1, 2009

Gempa di Padang >-<

Aduuuhh... gempa lagi..
Kali ini yang berduka adalah Padang, kena gempa 7,6 SR. Waaahhh... itu pasti dahsyat banget ya.
Secara waktu kapan itu gempa di Tasikmalaya, ngga sekeras itu dan aku ngerasainnya di Jakarta (yang jaraknya lumayan juga dari Tasik) udah lumayan heboh. Gimanaa rasanya kalo di pusat gempanya sendiri, pasti panik luar biasa :(

Saat ini menurut detik.com korban meninggal sudah 529 orang. Ya Allah, banyak sekali yaaa...
Mudah2an diberi khusnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan, amin..

Papaku sendiri asalnya dari Painan, di pesisir utara Sumatra Barat, sekitar 3-4 jam naik mobil kalo dari Padang.
Sampe sekarang jalur komunikasi sama Painan masih nggak bisa. Kata mama di anteve dibilang jalur satu-satunya Padang-Painan longsor, jadi sekarang Painan terisolasi.
Sodara yang disana ( tante-om-sepupu dan sodara kakek nenek ) baik telpon rumah dan GSM ngga ada yang bisa dihubungi, jadi bener2 lost contact :((
Mudah2an semua baik2 saja, dilindungi terus sama Allah yang Maha Menjaga, amin...

Ngomong tentang gempa..
Kan di Indonesia ini gempa sering sekali ya. Kenapa ngga ada sosialisasi what to do waktu gempa ya. Bisa berupa simulasi, atau diputer di TV berkali2 kek gimana caranya. Biar orang pada tau kalo gempa lagi harus gimana, boleh lari nggak dll..
Secara gempa ini pasti akan sering terjadi lagi dan ngga bisa dihindari kan. jadi persiapannya harus bagus dong...

Pengalamanku waktu gempa di Tasik kemaren mengerikan juga.
Aku lagi jaga di rumah sakit lantai 6, jam 4 an gitu, lagi nulis status tiba2 kok mejaku goyang2..
Perawat2 bilang : gempa ya dok?
Aku masih nggak ngeh..
Sampe mendengar orang2 di luar ruanganku pada teriak2.
Aku langsung bingung, pasien2 mau diapain niiiihhhh, trus ikut2an lari2 turun tangga sambil megang perut. Huhuhu... lumayan juga. Ada ibu2 yang jatuh ditangga pas nggendong bayinya yang masih merah:(
Pasien2 trus dievakuasi lewat jalan darurat.
Sampe bawah perutku mules, trus kaya ada cairan keluar gitu dari bawah. Aku langsung nekat masuk lagi ke gedung untuk ngecek di kamar mandi. Alhamdulillah gak apa-apa.
Habis kejadian itu sampe 4 jam berikutnya cantik diem aja ga gerak.
Aku sampe ketakutan, perutku aku goyang2 sambil ngomong, " ayoooo cantik tendang bundaaa....", berkali2.
Akhirnya malem2 jam 10 an gitu dia nendang2 lagi kaya biasa. Alhamdulillah..
Kamu ikut takut juga ya dek, gara2 bunda ketakutan :(

Nah sudah ada pengalaman kaya gitu itu lhooo..
Kan kita mestinya latihan gimana prosedurnya yang bener.
Kayak aku baca ternyata waktu lagi gempa kita dilarang lari, mestinya berlindung dibawah sesuatu yang kokoh misalnya meja.
padahal naluri orang normal kan pasti lari tuh..
Kalo ga dikasihtau mana kita tau yaaa...
Terus ternyata turun pake tangga itu bahaya pas lagi gempa. Karena tangga itu yang arsitekturnya paling lemah seisi gedung.
Jadi mestinya kita berlindung bawah meja, kalo gempa berhenti baru kita turun --- jangan turun lewat tangga pas lagi gempa2nya..
Nah, mana tau kannn??

Kalo di RS apalagi.
Mestinya kita tau dokternya harus gimana, perawat gimana, pasien urutan yang dibantu yang mana dulu.
Ada pasien2 yang nggak sadar, yang dalam ventilator, nah lhooo...siapa duluan yang didorong... gimana tuh SOP-nya??
AKu bingung...
Mestinya ada panduan baku dari pemerintah yaa...
Ayoooo kita latihan!!!

Belanja perlengkapan bayi ( part two )

Hehehe...ibu hamil yang satu ini orangnya memang gampang terprovokasi...

Sejak hamil 6 bulan kan aku suka browsing2 apa yang asik untuk dibeli. Hehehe... kadang2 asik ini belum tentu perlu, tapi aku pingin :))
Kemaren, akhirnya aku membeli 2 dari 3 barang yang aku rencanakan untuk dibeli, secara online...

Barang-barangnya belum pada dateng nih. Ntar kalo udah dateng aku review ya bagaimanakah kenyataannya.. apakah sesuai sama ekspektasiku :))

Ini nih yang aku beli kemaren ...
1. Sleepywrap

Nah, aku beli ini karena teracuni blog istribawel, tentang betapa senangnya ninit menggendong2 anak keduanya arza kemana-mana pake sleepywrap. Handsfree gitu, jadi kedua tangan bebas melakukan apa saja, tanpa khawatir bayinya kenapa2.
Asik kan..membayangkan bisa ngerjain tugas di laptop sambil gendong bayi :))
Browsing2 sleepy wrap ini sudah lamaaa, tapi baru dibeli 2 hari yang lalu. Awalnya maju mundur beli gak ya, beli gak ya... soalnya harganya ngga murah ( 510 ribuan!).

Apakah ngga lebih baik pake gendongan biasa saja, kaya ibu2 yang pake jarik batik itu loh.. atau gendongan bayi yang lucu di mall2 kan ada tuh, yang sekitar 200 ribuan.
tapi begitu membaca testimoni di website sleepywrap indonesia hati ini tak kuasa untuk tidak membeli, hahahahha...
Soalnya di testi itu pada bilang, bayi2 kalo digendong pake sleepywrap langsung pada bobo :))

Trus yang penting tangan kiri kita ngga perlu megangin leher bayi (kalo kain gendongan biasa kan pasti tangan kiri harus megangin bayinya), karena sudah tercover di dalam sleepywrapnya..
Dan bisa dipake berbagai macam gaya, mulai buat newborn sampe umur 2 taun, yang aku suka banget ngeliatnya kalo digendong depan kaya kangguru itu loh...










Di mothercare gendongan kangguru itu sekitar 500 ribuan juga loh, tapi kan gabisa dipake sejak newborn karena lehernya belum bisa tegak sendiri.

Aku memesan warna royal blue, yang menurutku bisa dipake untuk anak cewek dan cowok ( sapa tau anak berikutnya cowok ), dan kalo ganteng mau gendong cantik pake ini juga ga malu. Ada sih yang cantiiikkk dan so girly, pink gitu... tapi kayaknya ganteng ga mau kali ya, ke mall pake2 selendang pink, hehehe...
Ini nih warna yang aku pesen...


Harganya 510 ribu ( hueks... mahal ya, mudah2an bener2 berguna kaya yang di testimoni2 itu)..
Aku preorder dari website sleepywrap indonesia dan baru akan nyampe nanti pertengahan oktober..


2. Bumwear

Beli ini juga karena baca blog ninit, hehehhe...
Bumwear ini salah satu merk cloth diaper.
Jadi..kan bayi dari lahir sampe dia toilet-trained (2 taunan), pasti menghabiskan banyak pampers tuh.
Kalo dihitung2 bisa sampe 10 juta sendiri loh, beli pampers buat anak mulai lahir sampe 2 taun.

Daaannn.. pampers itu, mungkin udah pada tau ya, ngga environment-friendly sama sekali, bahannya baru bisa didegradasi setelah 200 taun loh!
Clothing diaper ini semacam pampers dari kain yang bisa dicuci lagi setelah pemakaian, jadi ga dibuang.
Didalemnya ada yang namanya insert, kaya softexnya gitu yang menyerap pup / kencing bayi.
Insert ini juga bisa dicuci, dan dipake lagi

Karena ini cloth diaper, jadi nanti bisa diwariskan ke adiknya juga, nggak dibuang.
Cuma ya itu... harganya mahaaalll.. Satu biji 255 ribu-300 ribu ( tergantung beli dimana, ada beberapa distributor online tapi harga jualnya ga sama loh)
Isinya satu diaper dan satu insert.

Kabarnya kita perlu 8-10 diaper - berarti habis sekitar 2,5 juta ya untuk satu anak, sejak kecil sampe 2 taun.

Awalnya sih rasanya mahal yaaa, tapi kalo dibandingkan total harga pampers yang bisa 4 kalinya, dan karena ini bisa diwariskan ke adiknya nanti, jadi jatuhnya malah lebih murah lah ya..

Kali ini... setelah dapet honor gaji swasta, aku membeli 4 cloth diaper di rachel store.
masing-masing harganya 255 ribu. Katanya sih hari ini dikirim, jadi beberapa hari lagi ( atau besok?) mestinya sudah nyampe. Tidak sabar lagi :))

Nanti kalo banyak duit, aku mau beli 4 biji lagi..mungkin kalo bayinya sudah lahir ya:)

Warnanya lucu2 loh..

Oh ya, karena ini baru bisa dipake untuk bayi 5-15 kg, jadi untuk newborn aku rencananya mau pake pampers saja dulu paling nggak 2 bulan, sampe dia sekitar 5 kg dan bisa pake cloth diaper.
Seperti biasa, aku memilih warna-warna yang biseksual, kaya biru, ungu gitu... secara aku pingin punya anak banyak, sapa tau ada cewek ada cowok, heheheheh... amin...
Merk cloth diaper ini macem2..
Ada yang bikinan mothercare, happy heinys, wonderoos dll.
Tapi aku mau coba bumwear ini dulu, mudah-mudahan memuaskan hati :))
Hihihi...sekian laporan belanjaanku.
Ada satu lagi yang pingin dibeli.... alas ompol renata yang terkenal anti bocor. Harganya ngga mahal, 40 ribu saja satu lusin.
Ntar direview lagi yah :))
ps: aku harusnya dapet kortingan ya, dari sleepywrap dan bumwear karena sudah promosi begini, hihihihi....

Akhirnya datang juga....stretchmark yang mengerikan >_<

Huaaa... akhirnya yang aku takutkan selama ini datang juga >-<
Seperti yang sudah aku ceritakan, sejak hamil muda aku sudah ketakutan bakal muncul stretchmark sehingga aku mulai pake minyak zaitun, krimnya bodyshop dan bahkan mustella intensive action, untuk mencegah stretchmark ini..

Sampe kehamilan 7 bulan masih mulus-mulus aja..
Tapi awal hamil 8 bulan, dia akhirnya datang juga, huaaaaa
Awalnya berupa garis coklat gelap di perut bagian bawah dan paha yang samar-samar.
tapi seiring dengan semakin buncitnya perutku, stretchmarknya tambah banyaaak, huaaa... ngeriiiiii...
Ternyata buatku, memakai aneka krim dan minyak zaitun sejak hamil mudapun gagal mencegah timbulnya stretchmark, seeediiiiiiiihhhhhhhhhhh....

Waktu kontrol ke dr ariati, kata beliau biasanya mustella intensive action sangat membantu menipiskan stretchmark. Hmmm... padahal aku sudah pake, tapi ngga ngefek.
Ada temen yang pake krim mothercare nggak berstretchmark, ada yang pake mustella.
Yaaa.. memang semua cocok-cocokan dan sangat tergantung bakat (gampang berstretchmark ga..-biasanya sama kaya ibu kita)

Waktu pulang ke malang, aku tunjukin stretchmarknya ke pap-mam
Kata papa : "aaahhh... itu kan striae gravidarum biasa... nanti kalo udah lahir juga ilang kok."
Mama juga bilang begitu. Ternyata mama waktu hamil juga berstriae tapi setelah lahir, dikasih jeruk nipis dan minyak kayu putih bakal hilang sendiri.
Mama kan anaknya 4, sekarang sih aku liat nggak ada sama sekali stretchmark di perutnya, mulus-mulus sajaa...
Huhuhuu....
Pokoknya begitu cantik lahir, aku akan melakukan segala daya upaya untuk menghilangkan stretchmark iniii. huhuhu...
Mudah2an kayak mama, bisa hilang ngga berbekas yaaa...
Amin...

ps: maaf nggak ada fotonya, mengerikan soalnya, hahahhaha...

Belanja perlengkapan bayi (part one)

Yuhuuu...
Pada suatu hari minggu, waktu hamil 7 bulan lebih.. aku pergi ke ITC cempaka mas sama ganteng untuk berbelanja keperluan newborn.
Nggak banyak-banyak, yang penting2 saja, dengan pertimbangan
1. Nanti bakal banyak yang ngado, hahahha, ngarep
2. Kalo melahirkan di malang, semua barang2 bayi kan bakal dibelikan mama, hihihi...
Jadi aku beli yang bener2 esensial.
Iya lho.. hasil browsing mengatakan kalo beli ngga usah banyak2 karena nanti kalo ditambah kado akan banyak barang yang mubadzir. Kan sering tuh satu bayi punya 3 gendongan sekaligus ( hasil kado), kan sayang yaaa..

Awalnya bingung mau beli di ITC kuningan atau di ITC cempaka mas.
Seperti biasa, aku browsing dulu, apa yang harus dibeli dan dimana tempat oke untuk membeli.

Beberapa toko yang direkomendasikan di ITC kuningan adalah :
1. Toko Ocha
Lt.1 blok B4 no 5-6
2. Toko Jungle
Lt 4 deket jembatan penghubung ke Mall AMbassador

Kalo yang di ITC cempaka mas :
1. Toko Audrey
Lantai 3 Blok F no 346
2. Toko Dunia Toys
Lantai dasar Blok L nomer 1132-1133

Hmmm.. sebetulnya ada banyak toko yang direkomendasikan di blog2 (termasuk juga suzanna baby shop di pondok indah yang sangat terkenal), cuma dimasing2 tempat ini aku catet 2 toko yang rekomendasinya mayoritas bagus2, dalam arti lengkap, murah dan pelayanannya nggak nyebelin ( mbak-mbaknya ngga jutek).
Aku dan ganteng akhirnya pergi ke ITC cempaka mas, ngga ke ITC kuningan, dengan pertimbangan parkirnya lebih gampang. Hehehoho...
Sampe disana, kita langsung ke lantai 3 menuju toko Audrey dulu.
Toko Audrey ini di beberapa blog direkomendasikan termasuk yang oke.
Tokonya sistem swalayan gitu, jadi barang2 dipajang dan kita bisa bebas liat dan pegang sesuka hati.
Waktu itu aku cuma duduk manis di kursinya, trus bilang mau ini, mau itu dan mbak2nya dengan sigap melayani.

Mereka juga menyediakan list kebutuhan buat newborn, list-nya panjaaanng. Aku dikasih juga list itu, tapi aku belanjanya pake list-ku sendiri, yang sudah dipilih2 saja yang penting2.
Belanja disitu ternyata bikin kalap juga, hahahha... ternyata banyak barang lucu2, yang menarik hati, biarpun ga jelas kegunaannya :))
Tapi mbaknya baik kok, aku tanya2 emang bedong buat apa, kalo celana panjang pake kaki dipakenya kapan dst dst mereka dengan sabar menjelaskan, hihihi... maklum amatiran...
Berikut ini daftar barang kebutuhan newborn dan calon ibu, diambil dari new mom on the blog
Yang aku beli aku kasih warna merah tebel

Kebutuhan Utama Bayi>>
Pakaian
 [½ lusin] stelan baju tangan panjang + celana panjang
 [1lusin] atasan lengan pendek - aku beli 1/2 lusin
 [1lusin] atasan tanpa lengan - aku beli 1/2 lusin
 [1½ lusin] celana pop/celana pendek - aku beli 1/2 lusin pop 1/2 lusin pendek
 [2-3] jumper/baju monyet
 [2-3] celana tutup kaki **optional
 [4-6 pasang] sarung kaki + sarung tangan - aku beli 3 biji
 [1-2 buah] kaos kaki/sepatu bayi - aku beli 2 biji
 [1] cardigan/jaket/baju hangat
 [1] topi bayi - aku beli 2 biji
 [½ lusin] singlet
 [2 lusin] popok kain - aku beli 1 lusin
 [½ lusin] gurita
 [1- 1½ lusin] bedong - aku beli 3 biji
 [2-3 buah] alas dada/oto (bib)
 [½ lusin] sapu tangan handuk - aku beli 1 biji
Perlengkapan Mandi & Ganti Pakaian -- ngga beli sama sekali, berharap kado, hahaha
 bak mandi *bisa dipinjam
 penyangga/kursi mandi **optional
 perlak mandi untuk alas ganti pakaian
 alas karet anti slip ***jika menggunakan kursi mandi, alas ini bisa dibeli setelah bayi bisa duduk sendiri didalam bak
 [2 buah] handuk bayi besar
 [3-4 buah] washlap/sarung tangan handuk
 sponge bath **optional
 sabun mandi
 shampoo ***bisa menggunakan yang two in one dengan sabun
 baby lotion/baby cream
 baby oil
 baby cologne
 diapers cream
 bedak+tempatnya
 minyak telon
 lotion anti nyamuk
 wet tissue
 cotton buds
 sisir+sikat bayi
 gunting kuku bayi
 1 pack newborn pampers
 kapas bulat ***kalau mau irit beli kapas kiloan di apotik lalu bentuk bulat-bulat, simpan di toples
Perlengkapan Tidur -- ngga beli, tapi mungkin suatu saat akan beli :)
 box/crib/tempat tidur bayi *bisa dipinjam
 kasur ***sebaiknya baru
 [2 pasang] bantal guling
 Seprai, bumper/pengaman, kelambu
 bantal peang (ada lekukan di bagian kepala)
 selimut bayi
 kojong/tudung **optional
 [1 buah] perlak besar
 [2 buah] perlak kecil
 alat monitor bayi **optional & bisa dipinjam
Perlengkapan Minum & Makan -- berharap kado juga :D
 botol susu + dot )***beli 2-3 botol ukuran kecil, lainnya bisa dibeli setelah bayi lahir
 sterilizer/panci untuk merebus botol ***pilih salah satu
 penjepit untuk mengambil dot & botol
 sabun + sikat cuci botol
 box untuk menyimpan botol
 milk powder container
 bottle warmer **optional & bisa dipinjam
 botol susu berujung sendok untuk memberikan ASI atau jus buah usia 6 bulan ke atas
 training cup
 perlengkapan makan bayi (sendok+piring,dll) ***untuk 6 bulan keatas
 pemeras jeruk, parutan & saringan ***untuk 6 bulan keatas
 food processor atau bisa menggunakan juicer atau saringan untuk melembutkan makanan tim ***untuk 6 bulan keatas
 kursi makan **optional & bisa dipinjam
Kebutuhan Tambahan
 thermometer
 sedotan ingus (nose cleaner)
 kassa
 alcohol 70%
 betadine
 tas bayi **optional
 play pens [boks tempat main bayi] **optional & bisa dipinjam
 baby bouncer (kursi santai bayi) **optional & bisa dipinjam
Kebutuhan Travelling
 stroller/kereta bayi *bisa dipinjam
 gendongan bayi (sling)
 car seat **optional & bisa dipinjam
 carry cot (keranjang bayi) **optional & bisa dipinjam
Kebutuhan Ibu
 [3 buah] BH menyusui
 breast pads
 gurita ibu
 breast pump (pemompa asi) **optional



Hhehehehe... banyak yaaa...
Inilah hasil belanjaan di Audrey..
Total belanjaan di Audrey sekitar 750 ribuan, weks... banyak juga yaa...
Padahal ada printilan2 yang belum dibeli ( perlengkapan mandi, sling dll, hohoho...)

Oh yaaa... tentang merk baju bayi itu, ada macem-macem, ada merk fluffy, libby, nova..
Fluffy itu yang medium, kalo nova lebih bagus.
Awalnya karena di blog2 calon ibu pada merekomendasikan fluffy saja, ya aku waktu di Audrey itu langsung minta fluffy... tapi ternyata lagi ngga ada. Yang ada merk libby, menurut mbaknya sih selevel sama fluffy ( tapi tetep dibawah nova ya..)
Kalo dari browsing orang2 pada bilang ngga perlu beli yang nova, karena biasanya baju newborn itu cepet sekali harus ganti ( cuma dipake bentar)
Tapi akhirnya aku beli merk libby campur nova..
Soalnya pas dipegang2 emang nova itu lembuutt.. biarpun lebih mahal dikit ( beda 3-5 ribu gitu setengah lusinnya ), tapi megang lembutnya itu lho bikin hati syenaaang :))
Kalo warna sih warna warni saja, asalkan ngga putih, soalnya aku ngga suka baju warna putih, dan nanti pasti gampang kotor.

Dari list belanjaanku, yang ngga ada di Audrey adalah pampers newborn merk Goon, dan bra menyusui..
Jadi aku turun ke toko dunia Toys lantai dasar.
Dunia Toys ini beda sama Audrey, sistemnya kaya toko biasa, jadi kita diambilin, ga bisa pegang2 dan lihat2 ala swalayan kaya di AUdrey. Ciknya ramah juga...
Aku beli pampers new born merk Goon isi 58 biji, harganya 100 ribu
dan 3 bra menyusui masing2 30 ribu..
Ini hasil belanjaan di Dunia Toys...











Oh ya, aku beli juga 2 jarik batik, disuruh mama, ngga tau buat apa, mungkin buat aku waktu melahirkan kali yaaa...
Mama nyuruh beli baju kancing bukaan depan juga dan rok dan daster buat pas melahirkan. Kalo baju buka depan maksudnya biar ngga susah kalo menyusui, tapi aku belum beli juga tuh...

Setelah semua list belanjaanku tercentang, pulanglah aku dan ganteng dengan hati gembira. AKu ding yang gembira, ganteng sebagai penyandang dana mungkin gembira juga, tapi ga segembira aku kali yaa.. yang tinggal tunjuk2 mau yang ini.. yang itu...tapi ga ikutan bayar :))
makasih ganteng...
makasih panda... --kata cantik sambil nendang2:)

Puasa waktu hamil trimester 3

Hihihihi... aku belum cerita ya laporan tentang puasa ramadhan-ku.
Aku memutuskan untuk puasa ramadhan kemarin, karena kupikir kehamilanku InsyaAllah sehat, dan (yang paling penting) rasanya sayaaang kalo ramadhan nggak puasa. Kan semua ibadah berlipat-lipat pahalanya, sayang kan...

Waktu kontrol ke obgyn, aku tanya, "boleh ga dok saya puasa?"
Kata dr ariati : boleh kok... tapi kalo udah ada tanda hipoglikemi ( lemes, pusing, gemeteran) jangan dipaksa yaaa... langsung makan aja..
Trus pas sahur minum madu, untuk menambah energi

Howkey...
Akhirnya sebelum ramadhan aku beli madu di tiptop satu botol. Merk-nya apa yaa, lupa, hehehe, harganya 30 ribuan untuk botol sekitar 500 cc-an.

Waktu awal-awal puasa sih masih semangat minum madu ( 3 kali aja ding) setelah itu nggak pernah, hahahhaa...
Sahur dan buka-ku jumlahnya sih biasa2 aja.
Seperti biasa yaa.. kalo sahur kan makannya ngga pernah bisa banyak.
Paling agak banyak pas buka..
Trus ditambah buah2an gitu.
Kadang-kadang jam 1 pagi aku kebangun karena laper dan menghabiskan 2 apel, hehehhe... cantik kelaperan :)

Selama puasa ramadhan, alhamdulillah lancar-lancar saja yaa...
Cantik gerakannya juga seaktif saat nggak puasa. Karena sudah trimester 3, dia udah gede dan mengisi hampir seluruh rahim jadi gerakannya sangat terasa. Kadang2 nendangnya kenceng banget tuh. Tapi aku seneeeng kalo lagi ditendang-tendang gitu :))
Selama 30 hari puasa, ada 2 hari yang aku membatalkan puasa, dan 1 hari sengaja nggak puasa.
3-3nya pas aku lagi jaga IGD.
Jaga IGD itu yaaa... begitulah, energy-consuming, jadi aku baru mulai jaga 3 jam, udah lemes, pusing, gemeteran yaa... udah aku batalin aja.
Pas salah satu hari jaga, ada yang aku ga sempet buka ( karena ada pasien jelek) dan ga sahur (pas ada yang jelek juga), yawis... daripada anakku ga dapet makan sama sekali, aku akhirnya memutuskan ga puasa.

Waktu puasa minggu ketiga, aku sempet kontrol ke dr ariati. Waktu itu hamil 30 minggu.
Ditanya ada keluhan ga selama puasa ( nggak )
Trus diUSG, eh, ternyata cantik beratnya (masih normal sih) tapi malah di batas atas nilai normal gitu.. Kalo ga salah waktu itu dia 1800 gram, which is masih normal tapi sudah agak2 mepet gendut.
Makanya dokter ariati pesen : lhooo... ibunya puasa kok anaknya cepet banget tambah gendutnya.
Jangan makan manis-manis yaa.. biar anaknya ngga kegendutan.
Kalo hamil pertama, yang enak itu berat lahir 2,8-3 kg saja. Kalo lebih nanti ngejannya susah lho...kata beliau sambil senyum-senyum.
Hehehehhe....

Oh yaa... aku sempet baca2 di jurnal dan majalah bahwa penelitian di Inggris terhadap 400-an ibu hamil muslim dibandingkan bayinya pas lahir sama ibu hamil non muslim (yang ngga puasa).
Ternyata nggak ada perbedaan APGAR score ( skor yang dihitung menit awal bayi lahir, dilihat nafasnya, suhunya, warna badannya, gerakannya), nggak ada perbedaan berat badan dan bahkan IQ antara bayi yang ibunya puasa dan yang tidak.

Jadi InsyaALlah puasa nggak merugikan ibu dan janin.
Ya aku mikirnya, kan Allah sendiri ( yang menciptakan janin itu) yang akan jaga si cantik :))

Tapi kalo kehamilanmu ada masalah, atau masih dalam periode muntah2 hebat, nggak puasa juga nggakpapa kan.
Allah menginginkan kemudahan bagimu, dan tidak menginginkan kesulitan bagimu :))

keputusan akhir....melahirkan di malang

Awalnya aku berencana melahirkan di jakarta saja, di evasari tempat kontrolku biasanya.
Ntar mama mau dateng pas aku melahirkan untuk mengajari tips-tips merawat bayi hari-hari pertama. Maklum, calon mommy amatiran. Nggak ada pengetahuan sama sekali ( dan takuuuut) kalo harus ngurusin bayi kecil gitu..

Tapi setelah ngobrol-ngobrol sama mama papa dan ganteng, kok sepertinya lebih enak melahirkan di malang.
Kata mama, melahirkan (apalagi anak pertama) itu ribet lhoooo...
Mama kalo di jakarta ngga ngerti tempat kalo misalnya harus nyari barang-barang ini itu yang bakal aku butuhkan. Bisa sihh dianterin ganteng, tapi ganteng sendiri pasti juga nggak ahli tempat2 jualan peralatan bayi dalam keadaan darurat dimana, hehehehe..
Kalo di malang kan ada mama dan adik2 yang siap sedia mencari kriwilan barang2 yang (belum terpikir sekarang) tapi tiba2 diperlukan nantinya.

Jadi akhirnya diputuskan aku akan melahirkan di malang.
Tepatnya InsyaAllah di RS mutiara bunda jalan ciujung, yang aku sendiri ngga tau itu dimana.
Sudah ada dokter yang disebut2 mama katanya sabar dan nggak suka terlalu invasif. Yaaa... aku percaya sajalah :))

Aku rencananya bakal cuti dua bulan, November-Desember.
Prediksi kelahiran berdasar HPHT 8 November, tapi kalo berdasar USG hamil muda 16 november.
Karena jumat 30 oktober itu aku masih ujian, jadi jumat malam baru berencana ke malang.
InsyaAllah cantik mau menunggu sampe di Malang dulu baru lahir, hehehhe...
Tapi in case dia tidak sabar dan lahir bulan Oktober ya wis... gakpapa lahir di Jakarta saja.

Yang sekarang sedang aku dan ganteng bahas adalah ntar pulang ke malang dengan perut sebuncit itu (hamil 39 minggu) mau naik apa, kereta apa pesawat.
Pesawat mau nggak yaaa, ada ibu hamil tua(sekali) yang naik pesawat.
Atau naik kereta saja.. seandainya tiba2 kontraksi bisa langsung berhenti di kota gede, misal Jogja...
Tapi lamanya itu lhooo... 12 jam, bokong bumil pasti udah pegel2, heheheheh
Hmmm... gimana yaaaa enaknya...

naik pesawat waktu hamil 33 minggu :)

Liburan lebaran kemaren aku dan ganteng mudik ke malang-surabaya-kediri.
Awalnya kita masih bingung mau pulang naik kereta apa pesawat yaaa.
Pertimbangannya kalo naik kereta :
+ : nggak usah ribet ngurus surat keterangan hamil ke obgyn
- : lama, punggung dan bokong pasti pegel2
Kalo naik pesawat
+ : cepet, satu jam 25 menit saja nyampe
- : mesti menyertakan surat bahwa kehamilan kita sehat

Awalnya pingin sekali naik garuda, walaupun garuda terkenal lebih ribet. Waktu aku telpon ke call centernya, katanya mesti pergi ke pusat kesehatan Garuda, membawa surat keterangan dari obgyn kita paling nggak seminggu sebelum keberangkatan.
Nanti disana diperiksa lagi. Kalo oke, nanti kita dikasih surat dari mereka yang harus ditunjukkan waktu kita cek in.
Tapi ternyata... ngga dapet tiket garuda jkt-malang karena terlalu mepet pesennya.

Alternatif kedua adalah sriwijaya ( maskapai yang terbang langsung jkt-malang) adalah garuda dan sriwijaya saja..
Alhamdulillah dapet tiket jkt-mlg pp, pake sriwijaya.
Kata call centernya kalo hamil diatas 33 minggu harus bawa surat dari obgyn, kalo dibawah itu nggak usah.
Ntar waktu cek in kita mesti ngisi surat pernyataan bahwa semua resiko yang terjadi selama penerbangan kita sendiri yang tanggung.

Hmmm...
tentang keamanan hamil saat terbang ini banyak pendapat.
Kalo hamil muda (trimester satu) rata2 tidak menyarankan terbang. Ada yang bilang resiko abortus jadi gede.
Yang paling aman itu trimester dua.
Sedangkan kalo trimester 3, sebelum 33 minggu sih oke-oke aja. Kalo diatas itu biasanya maskapai suka takut lahir di pesawat, hehehehe... jangan sampai yaaa...
Kalo obgynku sendiri, selama penerbangan < 4 jam, beliau oke saja.
Di surat keterangannyapun disebutkan bahwa
Ny Aulia, umur 26 tahun, hamil 33 minggu, dalam keadaan sehat untuk melakukan penerbangan kurang dari 4 jam.
Angka 4 jamnya sendiri nggak tau apa pertimbangannya (belum browsing:D )

ALhamdulillah penerbangan enak dan lancar, tidak ada masalah dengan perut. si cantik kelihatannya tenang2 saja, sesekali saja menendang2, terutama kalo lagi kelaperan, hehehhe...

Selama liburan (jumat-rabu), mobilitas kita heboh juga.
Malang-sby-kediri-blitar-kediri lagi...
Besoknya kediri-pare..
Besoknya kediri-sidoarjo-malang..
Ruwet yaaa... hehehehehe..
Alhamdulillah lancar2 saja. Tapi memang capeknya lebih lho daripada kalo pas ga hamil.
Padahal cuma duduk di mobil aja loh, Tapi capek...
Pas hari sabtu itu, baru bobo jam 9 malem, rasanya capek... kaya habis jaga IGD.
Alhamdulillah sih nggak ada apa2 :)

Walaupun capek tapi senaaaang...bisa ketemu sodara2 di jawa timur :) Kan nggak sering2 tuh.
Paling seneng waktu di malang, makan eskimo banyak, ehehehehe... padahal udah dipesenin obgynku jangan makan manis-manis biar si cantik nggak gendut ( ntar ngejannya susah)
Tapi tetep nggak tahan ngeliat eskrim2 yang menggoda itu.. :))